Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

nrimo ing pandum artinya Kejujuran, keiklasan, ringan dalam bekerja

nrimo ing pandum artinya “orang sering menfasirkan ‘nrimo ing pandum’ dari sudut pandang yang salah. Orang pikir kalimat itu berarti kita menerima kondisi ini apa adanya tanpa ada usaha. Padahal sama sekali bukan begitu arti sebenarnya.

Nrimo ing pandum

nrimo ing pandum adalah Arti yang mendalam menunjukan pada sikap Kejujuran, keiklasan, ringan dalam bekerja dan ketidakinginan untuk korupsi. Inti filosofi ini adalah Orang harus iklas menerima hasil dari usaha yang sudah dia kerjakan.

Nrimo ing pandum tu artinya kita menerima dan mensyukuri pemberian Tuhan kepada kita. Apapun kondisinya. Pandum itu bukan pemberian dari manusia, tapi dari Tuhan. Selayaknya kita menerima pemberian Tuhan dengan penuh rasa syukur. Kita harus berterima kasih pada Tuhan.

Filosofi ini adalah sebuah peribahasa. Kalimat peribahasa tidaklah tepat kalau diartikan secara aktual. Filosofi ini sangat penting bagi kehidupan berdemokrasi. Kalau bangsa kita mendasarkan demokrasi dengan falsafah diatas saya yakin negara kita pasti akan aman, tentram dan sejahtera.'Mangan ora mangan' melambangkan eforia demokrasi, yang mungkin satu pihak mendapatkan sesuatu (kekuasaan) dan yang lain pihak tidak. Yg tdk dapat apa-apa tetap legowo. 'Sing penting ngumpul' melambangkan berpegang teguh pada persatuan, yang artinya bersatu untuk tujuan bersama.


Misalnya aku punya 5 mangga, trus aku beri kamu, kamu bisa bilang ‘terima kasih’ atau malah bilang ‘ngasih kok cuman 5’. Kalo kamu jawab ‘ngasih kok cuman 5’, aku nggak bakal beri kamu apa-apa lagi. Aku bakal kecewa karena kamu sudah diberi kok nggak berterimakasih. Tapi kalo kamu berterima kasih, aku mungkin bakal ngasih kamu lebih banyak lagi besok-besok.

Begitu juga dengan Tuhan. Kalo kamu nggak pernah bersyukur, kamu nggak bakal diberkati lebih banyak lagi. Kamu udah mengecewakan Tuhan. Kita memang harus berusaha lebih baik, tapi jangan lupa bersyukur dalam kondisi apapun. Nrimo ing pandum, El. Tuhan tau kamu pantesnya dapet berkat seberapa besar berdasarkan usahamu. Dia tau yang terbaik buat kamu.”

Posting Komentar untuk "nrimo ing pandum artinya Kejujuran, keiklasan, ringan dalam bekerja"