Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silsilah Sunan Cendana BIN R.MUHAMMAD AL KHOTIB

Silsilah Sunan Cendana
silsilah Merupakan urutan nasab mulai dari atas sampai ke bawah atau sebaliknya yang merupakan setiap keturunan itu sendiri.

PUTRA PUTRI SAYYID ABDULLAH BIN KHOTIB MANTOH DENGAN nyi AMINAH BINTI KYAI ZAINAL ABIDIN SUNAN CENDANA.

1. MUHIBBADDIN / MAS’UD BUJUK  PEJATEN / BUJUK BRUMBUNG , di makamkan di Brumbung  Nung Sereng Kwanyar Bangkalan.
2.  nyi LABBHUWAN, PASER SAMPANG
3.  nyi MARYAM / nyi AGUNG TORONAN PAMEKASAN , adapun suaminya ada dua riwayat yang masih dalam bahasan yaitu : Kyai Abdurrahman / Kyai Agung Toronan bin Abdullah Jambul dan Abdur Rahman Selo'lo' bin Khotib Selo'lo' bin Sunan Cendana. Informasi Bendereh Ilzam bin Soleh Pamekasan.
4. nyi MUNIRAH / nyi MASEGIT, istri kyai Kallam bin Syarifuddin bin nyi Nur binti Sunan Cendana. makam beliau satu komplek dengan makam orang tuanya yakni di Lembung Somor Koneng.
silsilah sunan cendana

5.  nyi KWANYAR , ibu dari nyi Mindris
6.  nyi JHERENGE’, Lembung Morkoneng Kwanyar Bangkalan.
7.  nyi QOMINAH istri Bujuk Mandeh. Nama tersebut dari Ra Musawwir dari catatan ayahnya kyai Hariri .  bukan Aminah seperti yang di tulis Bani Ebun. dan ini yang tepat menurut saya, karena ibunya juga bernama nyi Aminah. nyaris tidak ada, ibu dengan anak sama namanya.
NB : nomer satu sampai nomer tujuh sudah mashur tertulis di silsilah silsilah Bangkalan.
8.  ISMAIL / ABDURRAHMAN BUJUK ANGSOKAH Kajjen Blega Bangkalan. bukan Bujuk Angsokah putra nyi Jerengek yang makamnya ada lembung Morkoneng. ini berdasarkan silsilah Kyai Yasin Kepang , suami nyi Asma binti Syaikhona Kholil Bangkalan. Yaitu Kyai Yasin bin Ya’qub bin Nasiron bin Ja’far bin Amin bin Musyarrof bin Abdurrahman bin Abdullah Lembung bin Khotib Pangeran Pakebunan bin Panembahan Kulon bin Sunan Giri.
9. nyi QODI, PAMEKASAN istri dari Kyai Asyhar Raden Sido Bulangan Pamekasan. Adalah leluhur Kyai As’ad  Situbondo .  Informasi dari bendereh Ilzam bin Soleh Pamekasan
10. ABDURRAHMAN BUJUK GUMBING NUNGGUNUNG BLEGA . ini jika Pernyataan Bani Yakqub benar , bahwa Abdullah Lembung satu orang dengan Abdullah Plakaran.
11. nyi PRAJJEN Isteri Kyai Abdul Allam Prajjen.  informasi dari Bendereh Ilzam bin Soleh Pamekasan.
12. nyi BARANGBANG SUMENEP , Isteri Kyai Ali Barangbang bin Khotib Padusan bin Pangeran Ketandur bin Panembahan Pakaos bin Sunan Kudus. informasi dari ra Muzawwir Hariri dari Bendereh Ilzam bin Soleh Pamekasan.

NB : nama nama di atas adalah saudara syaqiq ( satu ayah dan ibu ) ,  karena tidak ada yang meriwayatkan bahwa Kyai Abdullah dan nyi Aminah pernah menikah lagi, juga ada riwayat sebelum di nikah nyi Aminah sudah di asuh  oleh Kyai Abdullah semasa kyai Abdullah nyantri ke Sunan Cendana.
untuk nama Ahmad Sajid ( kyai Dalem ) saya hapus karena catatan  di Bani Ismail madura yang di tahqiq oleh kyai Abdul Malik dan kyai Mahrus Abdul Malik Jerengoan dan kyai Ahmad Tijani Jauhari " tertulis Kyai Ahmad Sajid adalah putra kyai Lembung jenuh bin Sunan Cendana dengan nyi Jenuh binti nyi Camplong binti Raden Kabul Aji Gunung . silsilahnya tertulis assyekh Ismail Madura bin Muhammad Samid bin Ahmad Sajid bin Kyai Lembung Jenuh bin Sunan Cendana.

silsilah Sunan cendana menurut dari garis ayah, sebagian mengatakan bahwa beliau adalah putra pangeran Jaladasi Bin Pangeran Matahun Bin Panembahan Kukusan Bin Sunan Prapen Bin Sunan Sidomargi Bin Raden Paku atau Sunan Giri dan ada juga yang mengatakan beliau Putra Kyai Khatib Bin Sunan Derajat Bin Sunan Ampel. ada juga yang mengatakan beliau adalah putra Raden Santri Bin Ibrahim Asmoro. menurut dari garis ibu, beliau adalah Putra nyi Gede Kedaton Binti Panembahan Kulon Bin Sunan Giri. selanjutnya Sunan Giri bin Maulana Ishaq bin Ibrahim Asmoro bin Jamaluddin Husain bin maulanan Ahmad bin Maulana Abdillah bin Amir Abdil Malik bin Alawy bin Muhammad bin Aly bin Alawy bin Muhammad bin Ubaidillah bin Ahmad Almuhajit bin Isa Albashry bin Muhammad Annaqib bin Aly Al'uraydhy bin Ja'far shadiq bin muhammad albair bin Aly Zaynil abidin bin Sayyidina Husain bin Sayyidina Aly Karramallahu waj'hah buah perkawinan dengan sayyidatina Fathimah Azzahra' radhiyallahu anha, bin Sayyidil awwalin wal akhirin Sayyidina Muhammad SAW.

SIAPA SAYYID ABDULLAH SUAMI nyi AMINAH LEMBUNG BINTI SUNAN CENDANA ?
ABDULLAH LEMBUNG . SUAMI nyi AMINAH BUJUK LEMBUNG BINTI SUNAN CENDANA. 

Di pesareannya tertulis Sayyid Abdullah. makam keduanya kumpul berada di Lembhung  Morkoneng Kwanyar Bangkalan. nasab Sayyid Abdullah banyak versi, akan tetapi saya menguatkan beliau putra Khotib Pangeran Pakebunan/ Khotib Mantoh dengan argument sbb:
1. Silsilah Bani Ya’qub keluarga Kyai Yasin Kepang menantu Syaikhona Kholil bin Abdul Latif. silsilah beliau adalah Kyai Yasin bin Ya’qub bin Nasiron bin Ja’far Sodiq bujuk lajing bin Amin Bujuk Buqer bin Sorof / Musyarrof Toronan bin AbdurRahman / Ismail Bujuk Angsokah Kajjen Blega bin Abdullah Lembung bin Khotib Mantoh bin Panembahan Kulon bin Sunan Giri.
2. Silsilah Bujuk Pereng yaitu Kyai Sobahul Khoir Bujuk Pereng Blega bin Jafar Sodiq Bujuk Tokotoh bin Bujuk Tokkang Tandes Konang Timur bin Bujuk Gumbing Nung Gunung Blega bin Mas Abdullah Plakaran bin Khotib Mantoh bin Panembahan Kulon bin Sunan Giri. Menurut Bani Ya’qub Abdullah Lembung di sebut juga Abdullah Plakaran karena memang ibunya dari kerajaan Plakaran Arosbaya Yaitu Raden Ayu binti Kilemah Duwur raja Arosbaya. Hal ini belum saya cek ke Plakaran Arosbaya. apakah betul di sana tidak ada makam yang namanya Abdullah bin Khotib Mantoh ?  jika makamnya ada di sana, berarti Abdullah Plakaran adalah saudara Abdullah Lembung. Dan sebaliknya jika tidak ada di Arosbaya, kemungkinan besar adalah orang satu dengan Abdullah Lembung. dengan begitu Bujuk Gumbing Nunggunung Blega adalah putra Abdullah Lembung alias Abdullah Plakaran.

Adapun khilafnya sbb :
1. ada yang mengatakan mungkin putra Khotib Raden Kabul Pangeran Aji Gunung, seperti Bendereh Muzammil Murombuh . beliau masih ragu,  juga ketika saya lihat di catatan bendereh Habib Murombuh guru silsilah Bendereh Muzammil  tertulis” Khotib pakebunan/ khotib Aji Gunung Madegen Sampang bin Panembahan Kulon yang berjuluk Sultan Agung Ing Mataram . padahal antara Khotib pakebunan  dengan Khotib Aji Gunung itu beda orang. Khotib pakebunan adalah Khotib Mantoh karena berdasarkan silsilah Bani Ya’qub dan Bani Bujuk Pereng yang di maksud Khotib Pakebunan adalah Khotib Mantoh sesuai manuskrip yang ada di makam Khotib Mantoh di keraton Madegen Sampang, yang di tulis oleh sejarawan ahli yaitu Zainal Fatah Bupati Pamekasan . Sedangkan Khotib Aji Gunung yang makamnya berada di kampung Aji Gunung kecamatan Sekar Sampang, tertulis putra Pangeran Mas . jadi yang sesuai adalah, Khotib Pakebunan adalah Khotib Mantoh. Juga di catatan bendereh Habib tertulis bahwa Sayyid Abdullah ini sepupu dengan Sunan Cendana. Menguatkan bahwa nyi Gede Kedaton ibu Sunan Cendana, saudara dengan Khotib Mantoh ayah Sayyid Abdullah Lembung
 2. Ada yang mengatakan bangsanya adalah BaSyaiban, cucu Sayyid Sulaiman MojoAgung. ini saya dapat dari Kyai Abdul Hannan Nawawi . pendapat ini sangat lemah karena Abdullah bin Ali Akbar bin Sayyid Sulaiman,  ayah Bujuk Asror Langgundih yang bangsanya BaSyaiban, zamannya  jauh di bawah Abdullah Lembung  ,  dan  makamnya menurut informasi yang saya dapat dari Ra Muzawwir Hariri Gunung Sereng itu ada di Tongguh Arosbaya, dan ini katanya banyak di akui oleh Bani Asror. Abdullah bin Ali Akbar berjuluk Kyai Patih , sehingga ada kesimpang siuran   informasi bahwa Abdullah Lembung dari Pati , ada yang mengatakan Jawa Tengah ( Pati ) , yang sebenarnya itu di karenakan sejak awal mereka salah sangka menganggap Abdullah lembung adalah Abdullah Basyaiban yg berjuluk Kyai Patih.

Abdullah bin Ali Akbar berjuluk Kyai Patih , sehingga karena banyaknya simpang siurnya informasi , ada sebagian orang mengatakan Abdullah lembung suami nyi Aminah binti Sunan  Cendana ini dari pati , ada yang mengatakan dari Jawa Tengah , yang sebenarnya itu berawal dari salah sangka mereka bahwa Abdullah lembung adalah Abdullah bin Ali Akbar yang berjuluk Kyai Patih. 3. Juga ada yang mengatakan Abdullah bin Arif SegoroPuro BaSyaiban. pertama kali mengatakan ini adalah Yek Muhammad bin Mahfud Bangil dan Mas Maskur Sidogiri. Namun hal ini di ralat kembali oleh mereka, setelah di temukan makam Abdullah bin Arif SegoroPuro yang terletak di belakang Masjid Jami’ Arosbaya. kumpul di cungkup makam Pangeran Syarif/ Musyarrif Abdur Rahman Panotogomo. Dan ini kuat karena di akui oleh semua keturunannya. Bahkan putra dari Abdullah ini bernama Muhammad Ali, sama dengan nama asli dari Mbah Arif SegoroPuro. menunjukkan bahwa Abdullah ini mengambil nama ayahnya (tabarrukan) untuk anaknya. Makam Muhammad Ali ini ada di Konang. beliau adalah menantu dari Bujuk Tokolong.

Beliau ( Sunan Cendana ) beristerikan 3 ( tiga )  orang yaitu dari kebanyar, Labbhuwan dan Gersik . dari ketiga isteri tersebut dikaruniai tujuh putra, terdiri dari dua orang putra dan lima orang putri. dari isteri kebanyar beliau di karuniai tiga orang putra yaitu 1. kyai Ya'qub yang dikenal Putra Manggala yang kini dimakamkan di Petapan 2. nyi Komala dimakamkan di petapan 3. dan nyi Nur yang dimakamkan di Ombhen.dari isteri yang berasal dari labbhuwan dikaruniai tiga orang putri yaitu nyi Tengghi yang dimakamkan Tattangoh, nyi Aminah yang dimakamkan di lembung Somorkoneng dan nyi Shaleh yang dimakamkan di kebanyar. sedangkan isteri dari gresik hanya dikarunia seorang putra yaitu Kyai Irsyad atau lebih dikenal dengan panggilan Kyai Jasad yang kini dimakamkan di Gresik.
kemudian dari ketujuh orang putra putri tersebut beliu dikaruniai kurang lebih dua puluh tujuh orang cucu dengan perincian sebagai berikut : Putra Manggala berputra empat orang, Kyai Jasa berputra dua orang, nyi Nur berputra delapan orang, nyi Amina berputra empat orang, nyi Sholeh berputra dua orang, nyi Tengghi berputra empat orang dan nyi Komala berputra seorang.
Sunan Cendana dilahirkan di Giri kira - kira pada akhir abad 16 M atau awal abad 17 M.
apabila ada kesalahan tatanan / urutan dari garis keturunan Sunan Cendana mohon untuk kejasamanya untuk perbaikan selanjutnya agar silsilah tersebut menjadi lebih sempurna, semoga bermanfaat.

SILSILAH SUNAN CENDANA BIN R. MUHAMMAD AL KHOTIB BANDAR DAYA  DAN PUTRA PUTRINYA

1. NABI MUHAMMAD S.AW
2. SAYYIDATINA FATIMAH AZ-ZAHRO makam di Madinah istri Sayyidina Ali bin Abi Tolib
3. SAYYIDINA HUSAIN, makam di Karbala, Iraq
4. ALI ZAINAL ABIDIN AS SAJJAD makam di madinah 
5. MUHAMMAD AL-BAQIR, makam di Madinah
6. JA’FAR AS-SHODIQ , makam di Madinah
7. ALI AL URAIDHI , makan di Madinah
8. MUHAMMAD AN-NAQIB, makam di bashroh, Iraq 
9. ISA AR-RUMI, makam di Bashroh, Iraq
10. AHMAD AL-MUHAJIR, makam di Alhusayyisah, HadraMaut, Yaman
11. UBAIDILLAH/ ABDULLAH, makam di HadraMaut, Yaman 
12. ALWI , makam di Sahal, Yaman
13.  MUHAMMAD SOHIBUSSHOUMIAH , makam di Bait Jabir, HadraMaut, Yaman
14. ALWI AS-TSANI, makam di Bait Jabir, HadraMaut, Yaman
15. ALI KHOLI’ QOSAM, makam di Tarim, HadraMaut,
16.  MUHAMMAD SHOHIB MARBATH, makam di Zifar, HadraMaut, Yaman
17. ALWI AMMIL FAQIH, makam di Tarim, HadraMaut, Yaman
18. ABDUL MALIK AZMAT KHAN, lahir di kota Qosam Hadramaut Sekitar Th 574 H , Hijrah Ke India, meninggal dan di makam kan di Naserabad India mempunyi putra
19. AL-AMIR ABDULLAH AZMATKHAN , lahir di Nashr Abad India , di makamkan Naserabad India, mempunyi putra
20.  AL-AMIR AL-MUADZOM SYAH MAULANA AHMAD JALALUDDIN , di makamkan di Naserabad India, mempunyi putra :
21. JAMALUDDIN AL HUSEINI/ JUMADIL QUBRO, makam di Tosora wajo Makasar, mempunyi putra :
22. IBROHIM AS MOROQONDI makam di gersik harjo Tuban, mempunyi putra :
23. RADEN ALI RAHMATULLAH SUNAN AMPEL, makam di Ampel Surabaya mempunyi putra :
24. RADEN QOSIM SUNAN DERAJAD, makam di Paciran lamongan.mempunyi putra
25. RADEN MUHAMMAD AL KHOTIB BANDARDAYA[1], makam di gersik mempunyi putra :
26. ZAINAL ABIDIN SUNAN CENDANA, makam di Kwanyar bangkalan.

Nama beliau dalam kitab silsilah kuno Morombuh adalah UMAR MAIRI, setelah mendapat mandat dari sultan amangkurat 1 untuk menumpas pembrontakan di blmbangan beliau bergelar PANGERAN PURNO JOYO atau PRONOJOYO. Didalam menumpas pemberontakan diblambangan beliau di bantu oleh dua sepupunya yakni Kiai Bungsoh bin Sunan Waruju bin panembahan kulon dan kiai kabuh kabuh putra nyi ageng Kentil binti panembahan kulon. Diperkirakan beliau menututi masa pemerintahan Cakraningrat 1 Raden Praseno (1624 – 1648) makamnya berada di Kwanyar Bangkalan.
Bindereh Habib Morombuh mencatat dalam kitab silsilah beliau bahwa sunan cendana memiki tiga orang istri.

Istri pertama yaitu nyi BUKABUH BINTI KYAI BUKABUH BIN nyi ROBIATUL ADAWIYAH GEDE KENTIL BINTI PANEMBAHAN KULON BIN SUNAN GIRI, mempunyi putra putri.

1) YA’QUB / PUTRA MENGGALA/PANEMBAHAN SAMPANG, di makamkan DI PETAPAN LABANG BANGKALAN mempunyi putra
2) nyi NUR OMBEN , dimakamkan di PETAPAN. ISTRI KYAI ABDULLAH NEPA OMBEN
3) nyi KUMALA, ISTRI ABDULLAH KYAI TANJUNG BIN KHOTIB PESEPEN TANJUNG BIN KHOTIB SAMPANG , di makamkan DI PETAPAN, BANGKALAN.
Istri kedua yaitu nyi A NOM LABBUWAN , mempunyi putri
4) nyi AMINAH /nyi LEMBHUNG, ISTRI DARI SAYYID ABDULLAH BIN KHOTIB MANTOH BIN PANEMBAHAN KULON. Keduanya dimakamkan DI LEMBUNG SOMOR KONENG KWANYAR BANGKALAN.
5) nyi SHOLIHAH, PAMEKASAN BUJUK KERATON KEMBANG KUNING PAMEKASAN
6) nyi TENGGHI, TATTANGOH PAMEKASAN , BATAS PAMEKASAN
Istri yang ketiga dari Gersik mempunyi putra
(7.) JASAD / IRSYAD , GERESIK

nama putra putri Sunan cendana sudah mashur di sebutkan di banyak silsilah dan tidak ada khilaf .namun menurut catatan sumenep ada nama anak sunan cendana yang tidak mashur di bangkalan tapi mashur di sumenep yakni Kiai Syist. Kiai syist memiliki putra kiai Abdul karim Agung Balang dan Kiai Muban.
 
Selain catatan Sumenep juga ada catatan Pemekasan bahwa sunan cendana berputra Kyai Hakimuddin Tejo dan catatan Kenjeran yakni Kyai Ahmad Kholiq Kenjeran

SUMBER :
1. Kitab Silsilah Morombuh milik, Bindereh Nur Kholis Uzairi
2. Kitab silsilah Morombuh, milik Bindereh Habib bin Abdullah
3. Catatan silsilah Bindereh Muzammil Morombuh
4. Catatan Silsilah Bindereh Ilzamuddin Soleh Ketua NAAT
5. Catatan silsilah RB Farhan Muzammil Sumenep
6. Catatan silsilah Bindereh Irfan abdul adzim Sumenep
7. http://nurholisuzairi2016.blogspot.com
8. http://banibatokolong.blogspot.com
9. http://kwanyarku.blogspot.com

5 komentar untuk "Silsilah Sunan Cendana BIN R.MUHAMMAD AL KHOTIB"

  1. Assalamualaikum.wr.wb
    Mohon penjlsannya dlm silsilah tercantum nama Jakfar Shodiq atau Bujuk Lajing.
    Yg saya tanyakan Nama Bujuk Lajing tersebut asalnya darimana? Jika berasal dari Desa Pahing Arosbaya Bangkalan,Saya Ingin Tanya dimana Makamnya?
    Wassalam Terima kasih

    BalasHapus
  2. Maksudnya Desa Lajing Arosbaya Bangkalan

    BalasHapus
  3. Saya mau tanya ayahnya syekh zainal abidin raden moh al khotip itu sodaranya brapa soalnya syekh zainal abidin mempunya sepupu kh alirido lempenang yng kakak beradik dengan bujuk soket naroan?

    BalasHapus
  4. Yg punya silsilah lengkap keturunan bujuk Cendana,bisa minta tolong kirim ke saya...
    Kalau berkenan tolong kirim ke nomor ini:
    081281777869... Syukron...

    BalasHapus
  5. Mbah Abu Hasan Basri di Banyuwangi itu juga cicit Sunan Cendana ..beliau cucu dari putra Sunan Cendana yg dari Gresik yg bernama Mbah Irsyad ..Mbah Irsyad ini punya 2 putra dan Mbah Abu adalah anak dari putra pertama dari Mbah Irsyad (kisah dari kakek saya yg adalah putra ke 2 dari Mbah Abu Hasan Basri)artinya Mbah Abu adalah cicit dari Sunan Cendana..tapi skrg itu malah di akui sebagai keturunan Sunan Gunung Jati 😒😒..kami memiliki ciri yg sama persis dgn seluruh keturunan Sunan Cendana yakni kulit akan belang jika makan daging ikan hiu(ini bukan mitos)Krn aku sudah membuktikannya

    BalasHapus