Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak dan pengaruh dinamika litosfer terhadap kehidupan

Dampak dinamika litosfer terhadap kehidupan

Litosfer tersusun atas tiga macam material utama dengan bahan dasar pembentukannya adalah Magma dengan berbagai proses yang berbeda-beda. Berikut yaitu material batuan penyusun litosfer.

Dampak dan pengaruh dinamika litosfer terhadap kehidupan
Lapisan kulit bumi tempat manusia hidup yaitu bagian dari kerak bumi. Segala kejadian atau peristiwa di kulit bumi tidak terlepas dari segala aktivitas kerak bumi, yaitu dari poses tenaga geologis, berupa tenaga endogen sebagai tenaga pembentuk muka bumi dalam bentuk epirogenesis dan orogensis, yang pada akhirnya menghasilkan relief. Tenaga inilah yang mula-mula membentuk muka bumi dalam bentuk tinggi-rendah, menonjol, datar atau membentuk lekukan. Terbentuknya relief semata-mata bukanlah hasil dari tenaga endogen, namun tenaga eksogen pun ikut berperan melalui proses pelapukan, pengerosian, dan sedimentasi.

DEGRADASI LAHAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN

Degradasi lahan menyebabkan berbagai dampak negatif seperti menyusutnya sumber air permukaan dan sumber air tanah, baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya.
Dampak negatif dari terjadinya erosi pada lahan antara lain sebagai berikut :
x. Penurunan kesuburan tanah
Erosi menyebabkan hilangnya lapisan tanah atas yang subur dan menyisakan tanah pada lapisan bawah yang tidak subur.
x. Menurunnya produktivitas
Hilangnya kesuburan lahan akibat erosi sangat berpengaruh terhadap produktivitas lahan. Hal ini akan terlihat jelas pada daerah-daerah yang mengalami erosi.

sumber ref ; http://hanaqonitah.blogspot. co. id/2014/12/makalah-hubungan-manusia-dan-lingkungan .html

Pemanfaatan Batuan Penyusun Litosfer

= Granit, andesit, gabro, dan diorit digunakan untuk membuat dasar pondasi jembatan, landasan pacu bandara, jalan raya, pondasi rumah dan landasan rel kererat api.

= Obsidian, scoria, dan pumice diguanakan untuk mebuat patung dan candi.
= Liparit, pumice, riolit dan basalt digunakan dalam bentuk kerakal dan pasir kasar.
= Breksi, granit fosfir dan diorite digunakan untuk landasan dak bangunan bertingkat.
= Batuan kapur digunakan untuk bahan semen, teraso dan marmer buatan.
= Antrasit, shale, schist, batu sabak, dan batu padas digunakan untuk hiasan tembok dan pagar.

artikel: dampak dinamika litosfer terhadap kehidupan brainly pengaruh dinamika litosfer terhadap kehidupan pengaruh dinamika litosfer terhadap kehidupan manusia pengaruh dinamika perubahan litosfer terhadap kehidupan dampak dinamika litosfer terhadap kehidupan pengaruh dinamika atmosfer terhadap kehidupan manusia apa pengaruh dinamika atmosfer terhadap kehidupan manusia apa dampak dinamika litosfer terhadap kehidupan dinamika litosfer dan pengaruhnya terhadap kehidupan dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan ppt dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan pdf makalah dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan contoh soal dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan rangkuman dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan manfaat litosfer bagi kehidupan

Posting Komentar untuk "Dampak dan pengaruh dinamika litosfer terhadap kehidupan"