Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana terjadinya reaksi hidrolisis amilum dengan enzim amilase

Berdasarkan hasil pengamatan pada praktikum serta sumber dari beberapa literatur, di peroleh kasimpulan sebagai berikut Bagaimana terjadinya reaksi hidrolisis amilum dengan enzim amilase.

Aktivitas enzim dapat di pengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya sifat asam atau basa dari suatu zat dan suhu. Zat yang bersifat asam dan suhu yang semakin rendah dapat memperlambat hidrolisis amilum, begitu pula sebaliknya. Namun jika suhu terlalu tinggi akan menyebabkan enzim tidak dapat bereaks karena terjadi denaturasi.
Bagaimana terjadinya reaksi hidrolisis amilum dengan enzim amilase


Enzim dapat di hasilkan dari mikroorganisme, enzim tersebut berfungsi sebagai katalisator dalam mempercepat reaksi kimia.

Hidrolisis pati matang oleh amilase air liur. Sebanyak 0,2 tetes air liur dimasukkan ke dalam tabung reaksi yang berisi larutan pati matang 1%, dikocok, dan dikondisikan pada suhu 37°C. Sebanyak 1 tetes isi tabung dipindahkan ke papan uji dan diteteskan dengan pereaksi iod setiap selang waktu 0,5 menit. Perubahan warna yang terjadi pada setiap menitnya dicatat dari warna biru, kecoklat-coklatan sampai tidak memperlihatkan perubahan warna lagi. Saat pereaksi iod tidak lagi positif disebut titik akromatik. Pengujian terhadap pereaksi iod dihentikan ketika sudah tercapai titik akromatik.
Hidrolisis pati mentah oleh amilase air liur. Larutan pati 1% dibuat dengan cara mencampurkan 0,05 gram pati mentah dengan 5 mL akuades. Kemudian sebanyak 1 mL air liur ditambahkan ke dalam larutan pati tersebut dan dikondisikan pada suhu 37°C. Sebanyak 1 tetes isi tabung dipindahkan ke papan uji dan diteteskan dengan pereaksi iod setiap selang waktu 0,1 menit. Perubahan warna yang terjadi pada setiap menitnya dicatat dari warna biru, kecoklat-coklatan sampai tidak memperlihatkan perubahan warna lagi. Saat pereaksi iod tidak lagi positif disebut titik akromatik. Pengujian terhadap pereaksi iod dihentikan ketika sudah tercapai titik akromatik.

enzim amilase

Dari hasil praktikum yang telah di lakukan,diperoleh data bahwa:

Pada cawan G1 yang berisi singkong rebus dengan taburan ragi dan disimpan selama 3 hari,setelah ditetesi larutan iodium akan menimbulkan bercak warna hitam tetapi pudar.

Pada cawan G22 dengan perlakuan yang sama dengan cawan sebelumnya namun disimpan selama 2 hari, setelah di tetesi iodium menimbulkan warna bercak hitam pekat.

Pada cawan G3 berisi singkong rebus tanpa ragi dan tanpa penyimpanan , setelah ditetesi larutan iodium akan menimbulkan bercak warna hitam yang sangat pekat di bandingkan kedua tabung sebelumnya.

ref : http://tibelajarinformasi.blogspot. co. id/2017/01/pengolahan-citra-digital-part-2. html

http://kehidupan-perantauankuliah.blogspot. co. id/2015/05/biokimia-enzim-2. html

artikel lainnya; bagaimana reaksi hidrolisis amilum dengan enzim amilase brainly reaksi kimia enzim amilase laporan praktikum hidrolisis pati oleh amilase air liur hidrolisis pati dengan enzim amilase struktur kimia enzim amilase reaksi hidrolisis amilase struktur enzim amilase hidrolisis amilum pdf.

Posting Komentar untuk "Bagaimana terjadinya reaksi hidrolisis amilum dengan enzim amilase"